Langsung ke konten utama

Profil Ringkas Awrad (wirid-wirid) Maulanasyaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid


Dr. TGH. Fahrurrozi Dahlan, MA
(Dosen IAIN Mataram, Konsultan Pendidikan PP Darul Muhibbin NW Mispalah Praya)
copas dari akun fb beliau dengan sedikit editing

Maulanassyaikh TGKH.M.Zainuddin AM, merupakan guru spritual dan intelektual yang selalu peka dengan situasi dan realitas dari masa ke masa. Dalam menghadapi berbagai situasi yang kerap berubah-ubah, terutama kondisi genting dan mencekam, beliau tidak pernah melepas sandarannya kepada Alloh SWT. Ini dibuktikan dengan beragam awrad yang dihimpun dan ditulis oleh beliau dari berbagai ragam realitas yang berbeda.

Pertama: Hizib Nahdlatul Wathan adalah induk doa-doa untuk warga nahdhiyyin dan kaum muslimin. Hizib lahir dari wujud perjuangan maulana melawan penjajah Belanda dan Jepang. Perlawanan spritual melalui kontak ilahiyah shgg Madrasah NWDI dan NBDI selamat dari serbuan penjajah Belanda dan Jepang. 
Kedua: Puncak wirid NW adalah lahirnya Toriqoh Hizib Nahdlatul Wathan. Tariqoh akhir zaman yg ringkas sesuai kondisi zaman. Thariqah yg siapapun bisa mengamalkannya krn sdh mendapatkan ijazah 'ammah dari Maulanassyaikh.
Ketiga: hultah demi HULTAH Maulanassyaikh mengijazahkan doa-doa dan wirid dalam bentuk sohifah-lembaran-lembaran kertas kepada semua nahdiyyin-yat yang serentak menyambut ungkapan mursyid 'amm Maulana Ajaztukum hazal wirda/ addu'aa kama ajaazani masyaayikhy alkirom.
Keempat: Dinamika NW dari segala cobaan lahir bathin. Selalu ada strategi ilahi yang digunakan oleh Maulanassyaikh terutama cobaan bertubi-tubi  dari tahun 1965 masa PKI. peristiwa mihnah dan fitnah 1970 an. Peristiwa politik 1982an. Lahirlah Doa HISNUL MANI' yang menjadi benteng pencegah diijazahkan di HULTAH NWDI KE-50 Setengah Abad NWDI pada tahun 1986.
Kelima: Kenang2an tempat lahirnyaNWDI dan NBDI. diijazahkan Wirid yang diberi nama HIZBUL BERMI. Budi BERMI Tak kan pernah terlupakan. Gubuk tempat lahir pendiri dan pelanjut NW. Wirid ini diijazahkan pada HULTAH NWDI KE-55 1991. Ada rentang 5 tahun doa-doa terbukukan yang belum sempat saya mendapatkannya dari maulana (HULTAH 50-55).
Keenam: HULTAH ke-56 di Praya Loteng tahun 1992 yang tak biasa, yaitu HULTAH di luar Pancor Lotim tempat kelahiran NWDI dilaksanakan. Terkenang sebuah wirid yaitu Alwirdu alasna bi asmaaillah alhusna. Wirid dikeluarkan untuk mmbantu tertolaknya faham-faham sesat menyesatkan yang disebut lansung oleh Maulanassyaikh di lapangan muhajirin Praya. Faham yang mengaku jadi imam Mahdi. Faham namatang sembayang dll. Wirid ini lahir untuk menjawab itu semua.
Ketujuh: ulama-ulama besar dari belahan dunia datang ziarah ke Maulanassyaikh. Ulama Makkah, Madinah, Mesir,  Maroko, Yaman, India, dan Ulama Asia Tenggara. Maulana menulis doa untuk menjawab apa rahasia itu semua. Lahirlah Wirid Assirru alrobbany bi Rinjany alanfanany. Rahasia Robby melalui Rinjani Alanfanaany. RINJANI GUNUNG TERTINGGI di dunia secara ilmu faraid. Lombok kecil tapi lebih besar Gunungnya. Apa dan siapakah sesungguhnya Rinjani itu? Yaa Maulanassyaikh jawabannya Alanfanany..bukan rinjani alanfananiyyah.
Kedelapan: Wirid alshalawat annahdliyyat diijazahkan di HULTAH ke 58 1994. Ciri ulama salafusshaleh menyusun doa dan shalawat kepada Nabi.
Kesembilan: Wirid Miftah alasror li fathi khazaini al-abror( kunci rahasia untuk membuka gudang simpanan orang2 mulia) lahir di saat HULTAH ke 60 HULTAH Akbar HULTAH emas. HULTAH tumpah ruAh lautan manusia. Entah rahasia ilahy hari itu sampai ulama Makkah mengatakan Annasu kaljaroodilmuntasyir. Lautan manusia seperti belalang yg berterbangan. 
Kesepuluh.: tilka asayaratun kaamilah. WIRID DAN HULTAH WADA' HULTAH akhir sua fisik antara murid dengan guru. Antara anak dengan ayah. HULTAH kenangan akhir yang ditutup dengan Wirid. Al-fathu al-robbany bi Rinjani Al-anfanaany. HULTAH ke 61 1997. Riuhlantah warga kaum muslimin-mat menghadiri akhir dari perjalanan hidup sang maulana..yang tidak mau hidup di era fitnah kubro. Setahun sepeninggal maulana bangsa Indonesia mendapat coba dan luka lara...Sang ulama pergi menjumpai sang kholiq kekasihnya. Beruntunglah kita masih setia dan pernah mendapatkan ijazah2 dari kesepuluh Wirid itu. Semoga NW bersatu dan melebur dalam wadah Al-fathu alrobbany....Kemenangan Ilahy berkat perjuangan Rinjani alanfenany.
Semoga Fathu Nahdliyyi terwujud sebagai manifestasi cinta Maulana. Amin.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISAH AJAIB PEMAKAMAN TGH. AHMAD IZZUDDIN HABIB MISPALAH

PENUTUR : AL-USTADZ SYAMSUL WATHANI, QH (PENDIDIK DI PP DARUL MUHIBBIN NW MISPALAH PRAYA)

Menjelang beberapa bulan menjelang wafatnya, beliau sempat mengisi majelis taklim binaan beliau di masjid Nurul Iman Mispalah Praya. Itu sebagai pengajian perpisahan dengan jamaah beliau. Tema yang beliau sampaikan saat itu adalah tentang keadaan kematian orang-orang sholeh. Kata beliau dalam pengajiannya, “Orang-orang yang sholeh jika meninggal dunia akan tetap akan dimuliakan oleh Alloh swt di mana saja dia meninggal, entah di darat, di lautan, walaupun jasadnya tenggelam dalam laut, tetap akan dimuliakan oleh Alloh swt. Walaupun tidak dikuburkan sebagaimana layaknya orang mati di daratan, dia tetap dimuliakan oleh Alloh swt, berkat kesholehannya. Maka para jamaah, jika plungguh sami menghadiri pemakaman orang orang sholeh, mungkin kebetulan saat musim hujan atau memang tanah pekuburannya banyak mengandung air, terus plungguh sami melihat banyak air di dalam kuburan orang tersebut, maka kita tida…

Kisah Kedatangan Abuya Sayyid Muhammad Al-Maliki ke Lombok

BIOGRAFI SYEIKH RAHMATULLAH Al-HINDI (PENDIRI MADRASAH LEGENDARIS AS-SHAULATIYAH MAKKAH AL-MUKARRAMAH)

Oleh: Husein Zaenal Muttakin, Lc., M.Pd.I BAB I
A.     Pendahuluaan Kondisi keagamaan  India pada abad 19 M sangat buruk.Kemunkaran dan kemaksiatan menyebar luas.Banyak sekali  fatwa-fatwa  dari para ulama yang jauh dari kebenaran, bahkan sampai ada yang berfatwa gugurnya kewajiban ibadah haji.Para pelajar banyak dirancuni oleh pemikiran barat sehingga mereka menganggap para ulama sebagai kaum yang jumud dan ketinggalan jaman.[1] Gerakan kristenisasi di India sangat gencar.Pada tahun 1792 M untuk pertama kali didirikan Lembaga Misi Kristen Protestan,kemudian pada tahun 1795 didirikan Organisasi Misi Kristen London dan pada Tahun 1799 didirikan Organisasi Misi Kristen  Gereja Inggris.[2] Sebelum memasuki awal abad ke 19 M, rombongan para misionaris dengan resmi dan teratur di kirimkan ke India  oleh Pemerintah Inggris, bahkan perusahaan-perusahaan dagang Inggris yang di India, disamping mendanai misi itu mereka memberikan hak istimewa kepada para misionaris itu. Untuk upaya…