Langsung ke konten utama

Tausyiah Habib Muhammad Ahmad Al-Habsyi tentang Hakikat Cinta dalam "Ziarah Mahabbah" Di Ponpes Darul Muhibbin NW Mispalah Praya. Ahad (10/4)

1.       Beliau berdoa agar semua santri menjadi orang yang dibanggakan di hadapan Allah, dibanggakan orang tuanya, masyarakatnya, dan kaum Muslimin.

2.       Rasa cinta pada sesama manusia, utamanya kaum muslimin harus ditumbuhkembangkan. Dalam sebuah hadits Nabi Mulia saw, “Barangsiapa melihat wajah saudaranya dengan pandangan rindu dan cinta, itu lebih baik dari pada sekedar beriktikaf di masjidku ini (masjid nabawi)”
3.       Kumpul kita pada pagi ini untuk Allah, untuk Rasulullah, bukan untuk urusan perut, dunia, dan politik. Insya Allah dengan tujuan kita yang mulia, selepas majelis ini, Allah ampuni dosa kita. Allah sampaikan hajat-hajat kita.
4.       Sosok yang paling pantas ditiru adalah Rasulullah Muhammad saw. Dari segala sisi kehidupannya.
5.       Rasul saw adalah sosok manusia yang paling romantis dan mesra terhadap istri-istrinya.
6.       Beliau jika minum, tidak sungkan meminum bekas istrinya. Bila makan daging, tak sungkan makan bekas gigitan istrinya.
7.       Pernah beliau lomba balap lari dengan Aisyah. Aisyah menang kali pertama. Kali kedua Rasul saw yang menang.

8.       Rasul saw pada suatu malam tidur bersama Aisyah, di mana kulit beliau menempel dengan kulit Aisyah. Di tengah malam, beliau ijin untuk shalat malam. Aisya lalu mengizinkan karena shalat adalah kesenangan Rasul saw. Perhatikan, untuk pergi shalat saja, Rasul saw meminta ijin istrinya. Lalu bagaimana dnegan para suami zaman sekarang, yang pergi keluar rumah semaunya. Datang tak menentu, sehingga istri khawatir.
9.       Saat marah Rasul saw hadir dengan solusi tidak mengedepankan emosi. Saat istri-istrinya tidak akur, beliau menengahi dengan bijak, dan akhirnya dimaklumi oleh mereka.
10.   Pernah Nabi saw duduk bersama beberapa istrinya, termasuk Aisyah. Saat Aisyah menawarkan makanan/kue kepada istri Nabi saw lainnya, tapi ditolak, lalu Aisyah mencoreng muka istri Nabi dengan kue. Melihat hal itu Nabi menunjukkan wajah tidak senang. Beliau pun membersihkan wajah istrinya dengan surbannya. Aisyah pun cemburu. Ia lalu sengaja mencoreng mukanya sendiri dengan kue itu. Nabi lalu mebersihkan wajah mereka satu per satu dengan surbannya.
11.   Jika seorang laki-laki mengaku mencintaimu, jangan lekas percaya, kecuali ia berani melamarmu dengan datang pada ayahmu dan mengajakmu membina rumah tangga. Itulah cinta sejati.
12.   Siapa yang cinta Rasul, Allah cinta padanya. Siapa yang membenci Rasul, Allah benci padanya. Siapa yang menolong agamamu, aku tolong dia.
13.   Ketampanan Rasul saw melebihi ketampanan wajah nabi Yusuf. Jika wanita Mesir pada masa itu melihat wajah Muhammad saw, bukan jari yang mereka iris, namun hati mereka sendiri yang ditusuknya.

14.   Cinta kepada Nabi saw, menuntut bukti yaitu tulus beribadah menghamba pada Allah. Tebarkan kasih sayang kepada sesama. Tinggalkan orang yang meninggalkan Nabi saw. Idolakan Nabi saw.



Komentar

  1. masyaAlloh, semoga dpt berkah beliau, dari guru-guru beliau dan salaf Sholeh yg sambung menyambung hingga datuknya Rosululloh Saw

    BalasHapus
  2. آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓِ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ

    BalasHapus
  3. آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓِ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISAH AJAIB PEMAKAMAN TGH. AHMAD IZZUDDIN HABIB MISPALAH

PENUTUR : AL-USTADZ SYAMSUL WATHANI, QH (PENDIDIK DI PP DARUL MUHIBBIN NW MISPALAH PRAYA)

Menjelang beberapa bulan menjelang wafatnya, beliau sempat mengisi majelis taklim binaan beliau di masjid Nurul Iman Mispalah Praya. Itu sebagai pengajian perpisahan dengan jamaah beliau. Tema yang beliau sampaikan saat itu adalah tentang keadaan kematian orang-orang sholeh. Kata beliau dalam pengajiannya, “Orang-orang yang sholeh jika meninggal dunia akan tetap akan dimuliakan oleh Alloh swt di mana saja dia meninggal, entah di darat, di lautan, walaupun jasadnya tenggelam dalam laut, tetap akan dimuliakan oleh Alloh swt. Walaupun tidak dikuburkan sebagaimana layaknya orang mati di daratan, dia tetap dimuliakan oleh Alloh swt, berkat kesholehannya. Maka para jamaah, jika plungguh sami menghadiri pemakaman orang orang sholeh, mungkin kebetulan saat musim hujan atau memang tanah pekuburannya banyak mengandung air, terus plungguh sami melihat banyak air di dalam kuburan orang tersebut, maka kita tida…

Kisah Kedatangan Abuya Sayyid Muhammad Al-Maliki ke Lombok

BIOGRAFI SYEIKH RAHMATULLAH Al-HINDI (PENDIRI MADRASAH LEGENDARIS AS-SHAULATIYAH MAKKAH AL-MUKARRAMAH)

Oleh: Husein Zaenal Muttakin, Lc., M.Pd.I BAB I
A.     Pendahuluaan Kondisi keagamaan  India pada abad 19 M sangat buruk.Kemunkaran dan kemaksiatan menyebar luas.Banyak sekali  fatwa-fatwa  dari para ulama yang jauh dari kebenaran, bahkan sampai ada yang berfatwa gugurnya kewajiban ibadah haji.Para pelajar banyak dirancuni oleh pemikiran barat sehingga mereka menganggap para ulama sebagai kaum yang jumud dan ketinggalan jaman.[1] Gerakan kristenisasi di India sangat gencar.Pada tahun 1792 M untuk pertama kali didirikan Lembaga Misi Kristen Protestan,kemudian pada tahun 1795 didirikan Organisasi Misi Kristen London dan pada Tahun 1799 didirikan Organisasi Misi Kristen  Gereja Inggris.[2] Sebelum memasuki awal abad ke 19 M, rombongan para misionaris dengan resmi dan teratur di kirimkan ke India  oleh Pemerintah Inggris, bahkan perusahaan-perusahaan dagang Inggris yang di India, disamping mendanai misi itu mereka memberikan hak istimewa kepada para misionaris itu. Untuk upaya…